Google Adsense


Seiring dengan banyaknya pertanyaan seputar google adsense, mulai dari cara daftar, cara pemasangan kode dan lain sebagainya, maka mulai saat ini akan ikut memberikan informasi seputar google adsense.



Apa itu Google Adsense ?



Google adsense adalah salah satu program yang di miliki oleh Google dalam hal periklanan (advertising). Siapakah yang terlibat dalam Google adsense ini? ada tiga unsur yang terlibat, yaitu :




  • Google, merupakan pihak yang menerima iklan.



  • Advertiser, adalah pihak pemasang iklan.



  • Publisher, adalah pihak yang menampilkan iklan.




  • Yang akan saya bicarakan kali ini adalah kita sebagai pemilik blog menjadi seorang publisher atau dengan kata lain pihak yang menampilkan iklan dari google. Apa yang kita dapat dengan menjadi publisher dariGoogle adsense? yang akan kita dapatkan adalah komisi yang berupa uang dollar dari google.



    Bagaimana sistem kerjanya?



    Sistem kerjanya tidaklah sulit, kita hanya memasang kode-kode iklan yang di berikan oleh google pada blog milik kita.



    Jenis produk dari Google adsense :



  • Adsense For Content
  • , produk ini berupa iklan dalam bentuk teks ataupun gambar. Kita sebagai publisher akan mendapatkan komisi apabila ada pengunjung dari blog kita yang meng Klik iklan tersebut, semakin banyak pengunjung yang meng Klik maka semakin besar pula komisi yang kita dapatkan. Untuk melihat contoh nyata dari iklan adsense for content, sobat bisa melihatnya pada blog milik saya yang lain, coba klik di sini ! atau di sini !
    di sana sobat bisa melihat iklan berupa gambar (banner) ataupun berupa Link yang terdapat nama situsnya pada bagian bawah link tersebut.



  • Adsense For Search
  • , produk ini berupa Search Engine dari google, sobat bisa melihat contohnya pada bagian sebelah kanan atas blog ini. Untuk yang ini, kita akan mendapatkan komisi apabila ada pengunjung yang akan mencari sesuatu di web dan menggunakan Search Engine tersebut dan meng klik link situs yang ada.




  • Adsense For Referral
  • , untuk produk yang ini kita tidak akan di bayar apabila ada pengunjung yang mengklik iklan tersebut, akan tetapi kita akan mendapatkan komisi apabila ada orang yang menggunakan atau bergabung pada produk tersebut, contoh untuk download browser Fire Fox (bannernya nya ada di sebelah kanan atas blog ini), kita akan mendapatkan komisi apabila ada pengunjung yang mendownload serta memakainya di komputer mereka. Untuk Referral yang gabung Google adsense, kita akan di bayar sebesar $100 apabila orang yang bergabung tersebut mendapatkan $100 yang pertama dari google.



    Berapakah uang yang akan kita dapat dari Google ?



    Untuk besarnya uang yang akan kita dapat jumlahnya tidak di batasi, akan tetapi tentunya kembali lagi kepada faktor pengunjung blog kita, semakin banyak pengunjung maka semakin banyak pula kemungkinan orang akan mengklik iklan kita. jadi langkah pertama yang harus di tempuh adalah promosi dan promosikan blog milik sobat agar di kenal dan di kunjungi banyak orang. Sudah banyak publisher dari indonesia yang mendapatkan ratusan atau ribuan dollar setiap bulannya.



    Kapan kita di bayar oleh Google ?



    Kita akan di bayar oleh Google apabila pendapatan kita sudah mencapai minimal $100 setiap bulan nya, dan pembayarannya akan di lakukan setelah 30 hari setelah kita melewati pendapatan minimal $100 tersebut, jadi apabila bulan september ini sobat mendapatkan minimal $100 maka komisi ini akan di bayarkan pada akhir bulan oktober nanti.



    Dalam bentuk apa kita di bayar ?



    Seperti yang saya sebutkan di atas, kita akan di bayar oleh uang $ (dollar). Akan tetapi bukan berupa uang cash tapi dalam bentuk cek. Apabila sobat sudah mendapatkan $100, maka cek tersebut akan di antarkan ke kita. untuk cara pengirimannya ada dua yaitu melalui jasa pos dan menggunakan DHL (jasa pengiriman cepat). Apabila sobat memilih yang jasa pos, sobat tidak akan di kenakan biaya apapun oleh google akan tetapi cek akan sampai ke kita memerlukan waktu yang cukup lama yaitu sekitar tiga minggu sampai satu bulan. Apabila cek tersebut ingin cepat sampai di tangan kita, sobat bisa memilih yang melalui DHL, dengan menggunakan DHL cek akan sampai dalam waktu 2-3 hari, akan tetapi untuk yang DHL ini di kenakan biaya sebesar $24 dan akan di potong dari pendapatan kita.



    Siapakah yang boleh mengikuti Google Adsense ?



    Siapa saja boleh ikut dan yang menarik adalah daftarnya Gratis, akan tetapi ada syarat-syarat yang harus di penuhi di antaranya yaitu website atau blog yang ikut program ini harus berbahasa utama yang di support oleh Google yaitu bahasa inggris serta bahasa-bahasa eropa lainnya, untuk yang bahasa indonesia belum termasuk bahasa yang di support. Trus bagaimana kalo blog bahasa indonesia ingin bergabung? sebenarnya bisa saja di coba dan sudah banyak yang berhasil di terima oleh google, akan tetapi iklan yang bisa di tampilkan hanyalah produk adsense for search serta adsense for referral.Untuk adsense for content tidak akan muncul iklannya walau kode iklannya sudah kita pasang.



    Apa yang di larang dalam google adsense ?



    Apabila kita mengikuti program google adsense ada beberapa aturan yang tidak boleh di langgar diantaranya adalah kita tidak boleh meng Klik iklan sendiri ataupun menyuruh teman serta orang lain untuk mengkliknya (harus alami dhenk).
    darimana google mengetahui apabila kita yang mengklik iklan tersebut? tentunya google tidaklah bodoh, dia bisa melacak IP address serta faktor-faktor yang tidak kita pikirkan, jadi jangan coba-coba untuk berbuat curang karena akibatnya kita akan di keluarkan oleh google (mengerikan). Untuk membaca aturan-aturan penting lainnya sobat bisa membacanya langsung di sini !



    Artikel pertama tentang google adsense, saya cukupkan sekian dulu. Untuk cara daftar dan lain sebagainya tunggu saja pada artikel berikutnya.



    PS : yang mau daftar google adsense, silahkan klik pada banner di sebelah kanan atas blog ini.





    0 Response to "Google Adsense"

    Posting Komentar