Memahami Menu-Menu Dasar di Blogger

Blogger.com atau mungkin lebih dikenal sebagai blogspot merupakan layanan blogging gratis yang bisa dibliang paling mudah digunakan.

Tapi kalo yang namanya pemula yang baru belajar ngeblog terkadang tetap saja merasa ribet meskipun sebenernya sama sekali nggak ribet.

Nah pada postingan ini saya ingin sedikit memberi penjelasan tentang beberepa menu-menu dasar yang ada di blogger.com supaya dapat dipahami oleh sobat.

Menu-menu ini sangat penting untuk dipahami karena dapat memudahkan sobat dalam mengurus blog sobat kedepannya.

Menu-menu apaan sih itu, Mas?

Silakan login saja ke blogger.com dan masuk ke dashboard blog sobat. Setelah itu sobat akan disajikan menu-menu yang kurang lebih seperti ini:

Menu-Menu Blogger

Di bawah ini adalah penjelasan lengkap tentang menu-menu tersebut:

#1. Tombol "Entri baru"
Tombol untuk membuat postingan atau artikel baru

#2. Ikhtiar
Pada menu ini sobat dapat melihat statistik ringkas blog sobat seperti jumlah pengunjung, jumlah postingan, jumlah komentar yang masuk, jumlah pengikut, dll.

#3. Pos
Menu untuk menampilkan daftar semua artikel yang ada di blog sobat

#4. Laman
Menu untuk membuat dan menampilkan semua daftar Halaman statis yang ada di blog sobat. Untuk penjelasan tentang Halaman Statis silakan baca: Cara Membuat Halaman Statis di Blogger.

#5. Komentar
Menu untuk menampilkan semua daftar komentar yang masuk ke blog sobat.

#6. Google+
Menu untuk mengaitkan blog sobat dengan profil Google+

#7. Statistik
Menu untuk menampilkan statistik lengkap blog sobat seperti jumlah pengunjung, jumlah tayangan laman, sumber pengunjung, dan lain sebagainnya.

#8. Kampanye
Menu ini khusus buat sobat yang ingin mempremosikan blog sobat melalui Google AdWords (harus ngeluarin duit)

#9. Tata Letak
Di sini adalah tempat sobat mengatur tata letak blog sobat dan juga tempat untuk memasang widget blog seperti widget artikel populer, atau widget pengikut.

#10. Template
Di sini adalah tempat untuk mengganti template atau theme blog sobat. Selain itu sobat juga bisa mengedit langsung template blog sobat pada menu ini.

#11. Setelan
Tempat pengaturan blog sobat. Jika sobat ingin mengganti judul blog, mengganti alamat, atau mengganti bahasa blog maka menu ini adalah tempatnya.

Selain menu-menu di atas sebenernya masih ada satu menu lagi, hanya saja menu tersebut secara default tidak ditampilkan untuk blog-blog berbahasa Indonesia.

Untuk mengetahui menu apa tersebut, silakan baca DI SINI.

Begitulah kira-kira penjelasan tentang menu-menu dasar yang ada di blogger. Selebihnya tinggal sobat explorasi sendiri dengan sesuka hati.

0 Response to "Memahami Menu-Menu Dasar di Blogger"

Posting Komentar