Kode Verifikasi pada Komentar di Blog

Setelah kemaren saya buat postingan tentang Sistem Moderasi Komentar di Blog, kali ini saya akan berbagi informasi ringan tentang Kode CAPTCHA.

 photo captcha_zpsdcbb93fb.jpg

CAPTCHA (Completely Automated Public Turing test to tell Computers and Humans Apart) adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut. Karena komputer lain tidak dapat memecahkan CAPTCHA, pengguna manapun yang dapat memberikan jawaban yang benar akan dianggap sebagai manusia. Oleh sebab itu, uji ini kadang disebut sebagai uji Turing balik, karena dikelola oleh mesin dan ditujukan untuk manusia, kebalikan dari uji Turing standar yang biasanya dikelola oleh manusia dan ditujukan untuk suatu mesin. CAPTCHA umumnya menggunakan huruf dan angka dari citra terdistorsi yang muncul di layar.

Menurut beberapa blogger, pengaktifan kode captcha pada komentar di Blog itu penting, karena di anggap sebagai pencegah program spammer. Namun ada beberapa blogger yang beranggapan lain, menurut mereka blog seperti itu sangat tidak bersahabat dalam dunia blogging. Jadi menurut saya sebelum Anda menggunakan fitur ini sebaiknya pikirkan dulu baik buruknya.

Untuk mengaktifkan / menonaktifkan kode captcha pada komentar di Blog, berikut langkahnya :
  1. Buka blogger.com, lalu login ke akun Anda
  2. Silahkan pilih nama blog Anda
  3. Masuk ke Setelan > Pos dan Komentar
  4. Pada bagian "Tampilkan verifikasi kata" pilih "Ya" untuk mengaktifkan dan "Tidak" untuk menonaktifkan
     photo captcha_zpsdcbb93fb.jpg
  5. Terakhir klik Simpan setelan
    kode captcha
Demikian informasi ringan kali ini, semoga bermanfaat buat kita semua.

0 Response to "Kode Verifikasi pada Komentar di Blog"

Posting Komentar