Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog

Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog | Bos Tutorial - Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog. Blog Archive atau Arsip Blog salah satu memberikan informasi yang ada di blog kita. Arsip Blog biasanya disediakan langsung oleh blogspot. Bentuk arsip blog yang kita gunakan masih standar, sesuai bawaan dari blogspot itu sendiri. Semakin banyak kita memposting artikel maka arsip blog akan panjang ke bawah sehingga memakan tempat, dengan begitu tampilan blog kita pun jadi tidak rapi.

Tampilan Arsip Blog setelah diberi Scroll
Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog
Adalah salah satu cara untuk merapikan tampilan Arsip Blog pada blog. Karena tempatnya langsung kita batasi sesuai dengan keinginan kita. Adapun nama untuk membatasi tempat Arsip Blog itu adalah dengan membuat Scroll. Kali ini, Bos Tutorial akan berbagi tentang bagaimana Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog.

Beginilah Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog. (sebelumnya kawan blogger sudah mengaktifkan arsip blog pada blog kawan, bila belum aktif silahkan baca Memasang Widget Arsip Blog di Blogspot), selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut :

1. Bukalah akun blog kawan sendiri.
2. Masuk kedalam Edit HTML pada rancangan template. (baca Mengenal Tampilan Blogger Terbaru)
3. Jangan lupa centanglah Centang Expand Widget Templates,
4. Selanjutnya Cari kode berikut <div id="ArchiveList"> atau ArchiveList (gunakan Ctrl + F) untuk pencarian lebih cepat.
5. Bila sudah ketemu, salinlah kode di bawah ini tepat di atas kode <div id="ArchiveList">
<div style="border: 1px solid rgb(204, 204, 204); padding: 5px; overflow: auto; width: 100%; height: 200px; background-color: #FFFFFF;">
Lalu cari kode <b:include name='quickedit'/>, bila sudah ketemu tambahkan kode </div> tepat di atas kode <b:include name='quickedit'/>.

Bentuknya akan seperti ini:
<div class='widget-content'>

<div style="border: 1px solid rgb(204, 204, 204); padding: 5px; overflow: auto; width: 100%; height: 200px; background-color: #FFFFFF;">

<div id='ArchiveList'>

<div expr:id='data:widget.instanceId + &quot;_ArchiveList&quot;'>
<b:if cond='data:style == &quot;HIERARCHY&quot;'>
<b:include data='data' name='interval'/>
</b:if>
<b:if cond='data:style == &quot;FLAT&quot;'>
<b:include data='data' name='flat'/>
</b:if>
<b:if cond='data:style == &quot;MENU&quot;'>
<b:include data='data' name='menu'/>
</b:if>
</div>
</div>

</div>

<b:include name='quickedit'/>
</div>
</b:includable>
6.Simpan template blog kawan.
7. Selesai. Dan lihat hasilnya.

Catatan :
Sesuaikan lah ukuran lebar (width) arsip blog misalnya angka 100% ganti dengan 300px atau sesuaikan dengan lebar widget dimana anda menempatkan Arsip Blog anda, demikian juga dengan tinggi (height), sesuaikanlah dengan keinginan anda. Demikian juga warnanya (#FFFFF) silahkan anda ganti bila menginkannya klik disini untuk memilih kode warna.

Bagiamana dengan Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog? gampang bukan. Itulah Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog, selamat mencoba dan sukses selalu. Salam Blogger. [Bos Tutorial].

0 Response to "Tutorial Membuat Scroll Pada Arsip Blog"

Posting Komentar