Cara Membuat Menu Navigasi Di Wordpress



Cara Membuat Menu Navigasi Di Wordpress – Sebuah blog atau website umumnya memasang Menu Navigasi di bagian header atau footer untuk memudah pembaca menuju halaman yang dianggap penting oleh pemilik blog atau website tersebut.



Bagi anda yang mempunyai blog dan menggunakan wordpress, untuk membuat sebuah menu navigasi sangat mudah karena anda tinggal memilih alamat URL mana yang akan dipasang pada menu navigasi.

Cara Membuat Menu Navigasi Pada Wordpress

Langkah pertama yang harus anda persiapkan adalah alamat URL atau link yang akan di pasang pada menu navigas (bila ingin menggunakan custom menu), bila anda masih kesulitan bagaimana mengetahui sebuah alamat link, silahkan baca artikel tentang Cara membuat link, karena disitu telah Kang Rohman bahas secara panjang lebar.



Berikut adalah langkah-langkah membuat menu navigasi pada wordpress :



  • Silahkan login ke dashboard blog wordpress anda.

  • Alihkan perhatian kesebelah kiri monitor anda, Arahkan pointer mouse anda ke menu Appearance lalu klik Menus.



    menu wordpress




  • Buatlah sebuah menu baru dengan memberi nama pada menu yang akan anda buat, contoh : Top Menu. Kemudian lanjutkan dengan klik tombol Create Menu.



    buat menu wordpress




  • Pada Primary menu, pilih nama menu yang tadi. Contoh : Top Menu. Lanjutkan dengan klik tombol Save.



    menu di wordpress




  • Ada 3 pilihan untuk anda membuat menu, yaitu dari Custom Link ( Link nya di masukkan secara manual ), dari Pages ( alamat laman blog ), atau dari Category ( kategori blog anda di jadikan menu ).

  • Untuk pilihan Pages dan Category, anda tinggal beri tanda centang laman atau kategori mana yang ingin di masukkan ke menu navigasi, lanjutkan dengan klik tombol Add to Menu.








  • Untuk pilihan Custom Link, isilah URL dengan dengan alamat link, contoh : http://kolom-tutorial.blogspot.com/p/cara-membuat-blog-dengan-wordpress.html . Isilah label dengan tulisan yang ingin muncul dalam menu, contoh : Panduan Wordpress. Lanjutkan Add to Menu.



    custom link




  • Untuk menambahkan menu yang lain, ulangi kembali langkah diatas.

  • Setiap menu yang ditambahkan secara otomatis akan muncul di kolom sebelah kanan. Posisi menu yang terlihat adalah dari atas kebawah, menu yang akan muncul urutannya adalah dari kiri ke kanan. Posisi atas berarti paling kiri, posisi paling bawah berarti paling kanan.



    wordpress custom menu




  • Posisi tersebut bisa anda geser-geser letaknya secara mudah (Drag anda Drop) agar sesuai dengan keinginan.

  • Klik tombol Save Menu.

  • Selesai.



Kira-kira hasilnya akan seperti ini :





menu navigasi



Cara Membuat Sub Menu (Child Menu)

Langkah-langkah yang telah ditulis diatas adalah membuat sebuah menu yang hasilnya akan terlihat satu deretan menu. Apabila isi blog anda sangat komplek, tentu banyak yang ingin di masukkan kedalam menu navigasi, untuk mengatasi hal ini kita harus membuat menu yang mempunyai SubMenu (child) menu. Jadi, sebuah menu apabila di sorot pointer akan mengeluahkan Submenu nya.



Untuk membuat submenu sangatlah mudah, anda tinggal meletakkan submenu di bawah menu utama namun letaknya lebih menjorok ke kanan sedikit. Berikit uraian lebih lengkap :

  • Diasumsikan bahwa anda telah membuat menu utama seperti langkah diatas.

  • Masukkanlah semua submenu anda, caranya sama seperti memasukkan menu utama. Setelah semua menu dibuat, letakkan sub menu di bawah menu utama namun posisinya lebih menjorok ke kanan sedikit.

  • Setiap menu yang posisinya lebih menjorok ke kanan sedikit, itu berarti submenu dari menu diatasnya.



    sub menu




  • Apabila semua menu telah tertata rapih, akhiri dengan klik tombol Save Menu.

  • Selesai.

Kira-kira hasilnya akan seperti ini :



dropdown menu



Sedikit catatan tentang wordpress menu atau lebih di kenal dengan Custom Menu Wordpress yaitu tidak semua theme wordpress telah support untuk Custom Menu karena fitur ini terbilang baru, Theme/tema yang lumayan jadul belum bisa membuat custom menu seperti yang di terangkan diatas.



Bila anda kesulitan memahami pembahasan yang ditulis diatas, di youtube terdapat banyak video yang memperlihatkan cara membuat menu navigasi pada wordpress, berikut beberapa alamat yang mungkin anda tertarik untuk menyaksikannya :



http://www.youtube.com/watch?v=JWR8SBEaQTM

http://www.youtube.com/watch?v=z5gHsaqUqj8



Semoga panduan tentang Cara Membuat Menu Navigasi Di Wordpress ini dapat bermanfaat bagi anda.

0 Response to "Cara Membuat Menu Navigasi Di Wordpress"

Posting Komentar