Pengertian Algoritma

Pengertian Algoritma - Algoritma adalah suatu prosedur yang berupa langkah-langkah untuk memecahkan suatu permasalahan yang disusun secara logis dan sistematis. Masalah yang dimaksud di sini dapat berupa banyak hal, tetapi ada suatu syarat yang perlu dilaksanakan sebelum menjalankan algoritma untuk setiap masalahnya.

Pengertian Algoritma

Pengertian Algoritma

Algoritma dapat dikatakan mirip dengan sebuah resep. Suatu resep biasanya mempunyai daftar bumbu atau bahan yang akan dipakai, kronologi pengerjaan serta hasil dari urutan pengerjaan nya. Jika bumbu yang dipakai tidak tersedia maka resepnya tidak akan bisa dikerjakan. Demikian pula apabila urutan pengerjaan tersebut tidak beraturan, hasil yang diharapkan tidak akan dapat diperoleh.

Tingkat kerumitan dari suatu algoritma diukur dari seberapa banyak komputasi yang diperlukan algoritma tersebut untuk menyelesaikan masalah. Pada umumnya, suatu algoritma yang dapat memecahkan suatu masalah dalam waktu yang cepat memiliki tingkat kesulitan yang rendah, sedangkan algoritma yang memerlukan waktu lama untuk memecahkan masalah membutuhkan tingkat kesulitan yang tinggi.

0 Response to "Pengertian Algoritma"

Posting Komentar